Makalah tentang metabolisme karbohidrat

Selanjutnya, elektron dipindahkan berturut-turut melewati molekul protein besi-sulfur Fe-Subiquinon Q atau CoQdan sitokrom Cyst. Hasil-hasil tersebut misalnya glikogen dan protein sebagai bahan bakar dalam tubuh, asam nukleat untuk pengkopian informasi genetik. Berbeda dengan reaksi pembentukan glikogen, reaksi ini tidak melibatkan UDP-glukosa, dan enzimnya adalah glikogen fosforilase.

Memahami proses meabolisme karbohidrat. Pengatur Metabolisme Lemak. Karbohidrat sederhana mempunyai rasa manis sehingga dikaitkan dengan gula. Glukosa dekstrosa terdapat dalam madu, dan bentuk inilah yang terdapat dalam darah.

Dengan pengubahan yang bersifat enzimatis, laktat kemudian dikonversikan kembali menjadi piruvat yang kemudian masuk siklus Krebs untuk oksidasi lengkap seperti yang telah dikemukakan sebelumnya.

MAKALAH METABOLISME KARBOHIDRAT

Selanjutnya, dengan fosfoglukomutase, glukosa 6-fosfat mengalami reaksi isomerasi menjadi glukosa 1-fosfat. Juryati, S. Jadi dapat dinyatakan 38 molekul ATP dihasilkan dari degradasi satu molekul glukosa. Akan tetapi sebagian besar karbohidrat diperoleh dari bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari, terutama sumber bahan makan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Pembentukan trigliserida dalam hati akan meningkat apabila makanan sehari-hari mengandung karbohidrat yang berlebihan.

Dapat dikatakan disini, pemecahan satu molekul fruktosa 1,6-fosfat menghasilkan dua molekul gliseraldehida 3-fosfat. Sukrosa umumnya terdapat dalam gula tebu, gula bit serta gula mapel.

Melewatkan waktu makan Melewatkan waktu makan dengan alasan ingin langsing, sesungguhnya dapat menyebabkan proses metabolisme di dalam tubuh menjadi lebih lambat.

Dalam reaksi ini digunakan NADH sebagai koenzim. Galaktosa berada dalam senyawa dengan glukosa membentuk laktosa gula susu. Berikut gambaran umum metabolisme karbohidrat: Manifestasi klinis hiperglikemia biasanya telah bertahun-tahun mendahului timbulnya kelainan klinis dari penyakit vascularnya.

Apa yang dimaksud dengan metabolisme? Asam fosfoenol piravat PED merupakan molekul berenergi tinggi.

Makalah tentang Makromolekul (Karbohidrat, Protein dan Lemak)

Hasil neto dari siklus Krebs serta sistem transport sitokrom adalah untuk menghasilkan tiga ATP lebih banyak dari ADP untuk tiap pasang atom H yang dilepaskan selama siklus tersebut, dan hal ini terjadi melalui fosforilasi oksidatif.

Semua ini dipelajari pada suatu cabang ilmu biologi yang disebut metabolomika. Beberapa jenis ikan, seperti gindara memiliki kadar lemak yang sangat rendah.

Pernafasan dalm arti yang lebih khusus adalah proses penguraian glukosa dengan menggunakan oksigen, menghasilkan CO2, air, dan energi dalam bentuk energi kimia, ATP yang melibatkan jalan metabolisme glikolisisdaur Krebs, dan fosforilasi bersifat oksidasi. Proses fotosintesis sangat kompleks karena melibatkan semua cabang ilmu pengetahuan alam utama, seperti fisikakimiamaupun biologi sendiri.

Pembentukan glikogen Sintesis glikogen berawal dengan fosforilasi glukosa menjadi glukosa 6-fosfat oleh heksokinase atau, di hati, glukokinase. Link download ada diatas dan bawah artikel V. Pengeluaran insulin tergantung pada kadar glukosa dalam darah. Mengonsumsi gandum utuh membuat perut terasa kenyang lebih lama dan bisa meningkatkan metabolisme, karena tubuh memerlukan banyak tenaga untuk memrosesnya.

Glikogen primer selanjutnya dapat terbentuk pada primer protein yang dikenal sebagai glikogenin. Kilomikron ini akan membawanya ke dalam aliran darah. Kitin merupakan polisakarida campuran yang terdapat dalam eksoskeleton kulit yang keras pada berbagai serangga.

Glikogen, karbohidrat khas hewan, berfungsi sebagai simpanan jangka pendek, yang dapat dipergunakan secara cepat jika gula yang tersedia dalam darah atau tempat lain telah habis. Kedua rantai terus memanjang sampai cukup panjang untuk menghasilkan dua cabang baru.

Jurnal Doc : makalah karbohidrat loading

Asetil KoA akan masuk ke jalur persimpangan yaitu siklus asam sitrat. Glikogen merupakan bentuk simpanan karbohidrat yang utama di dalam tubuh dan analog dengan amilum pada tumbuhan. Laktosa gula susu terbentuk dari gabungan galaktosa dan glukosa dengan ikatan b 1 - 4. Glikogenolisis Tahap pertama penguraian glikogen adalah pembentukan glukosa 1-fosfat.

Bila senyawa ini terdiri dari dua monosakarida penyusun, disebut disakarida, dan apabila terdiri dari tiga penyusun disebut trisakarida dan seterusnya.Gliserol ini selanjutnya masuk ke dalam jalur metabolisme karbohidrat yaitu glikolisis.

Pada tahap awal, gliserol mendapatkan 1 gugus fosfat dari ATP membentuk gliserol 3-fosfat. Selanjutnya senyawa ini masuk ke dalam rantai respirasi membentuk dihidroksi.

Metabolisme karbohidrat dan diabetes mellitus adalah dua mata rantai yang tidak dapat dipisahkan. Keterkaitan antara metabolisme karbohidrat dan diabetes mellitus dijelaskan oleh keberadaan hormon insulin.

Diabetes mellitus adalah gangguan metabolisme yang secara genetis dan klinis termasuk heterogen dengan menifestasi berupa hilangnya toleransi karbohidrat. Jika telah berkembang penuh Author: Sophia Nirmalida vsfmorocco.com ü Bila gangguan metabolisme karbohidrat terlalu lama → hiperglikemik menahun, pada otot, hati dan jantung terjadi difisiensi.

ü Lemak dimobilisasi sebagai sumber tenaga →lemak dalam darah bertambah. 3. Pembagian karbohidrat terdiri dari glikolisis, glikogenesis, glikogenolisis, dan glikoneogenesis. 4. Metabolisme karbohidrat pada ruminansia dimulai dari glukosa diabsorbsi dari saluran pencernaan dan diserap dalam rumen, lalu asam asetat dan asam propinat dibawa ke hati diubah menjadi NADPH+ sebagai sumber energi.

Makalah Metabolisme Karbohidrat, Lemak, dan Protein Yuliana A BAB I PENDAHULUAN Latar belakang masalah Salah satu kebutuhan utama makhluk hidup adalah makanan. Makalah lengkap yang membahas tentang materi metabolisme karbohidrat mencakup klasifikasi karbohidrat, penyerapan, metabolisme energi tahap glikolisis dan bagian lainnya.

Makalah tentang metabolisme karbohidrat
Rated 4/5 based on 47 review