Makna klinis berat badan lahir rendah

Perawatan BBLR Dengan memperhatikan gambaran klinis diatas dan berbagai kemungkinan yang dapat terjadi pada bayio BBLR, maka perawatan dan pengawasan bayi BBLR ditujukan pada pengaturan panas badan, menghindari infeksi, pemberian makanan bayi dan pernapasan.

Dengan tindakan ini dapat dicegah sekaligus mengatasi asfiksia sehingga memperkecil kematian bayi BBLR.

Pengertian Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) dan Faktor Penyebab | Glosarium

Clbiasanya dalam batas normal pada awalnya. Dalam definisi ini tidak termasuk bayi-bayi dengan berat badan kurang daripada gram. Prognasis akan lebih buruk bila BB makin rendah, angka kematian sering disebabkan karena komplikasi neonatal seperti asfiksia, aspirasi, pneumonia, perdarahan intrakranial, hipoglikemia.

Pada bayi dalam incubator dengan kontak yang minimal, tempat tidur atau kasur incubator harus diangkat dan bayi dibalik pada sisi kanannya. Kondisi ibu saat hamil: Pmberian minum di mulai saat bayi berumur 3 jam. Setiap tahun, diperkirakan ada bayi dengan berat lahir rendah di bawah gram, sebagai salah satu penyebab utama tingginya kurang gizi pada dan kematian balita.

BBLR yang mengalami gangguan napas harus segera dirujuk ke fasilitas rujukan yang lebih tinggi. Alveoli cenderung kecil, dengan adanya sedikit pembuluh darah yang mengelilingi stroma seluler. Pemberian makanan dilakukan menggunakan pipet sedikit namun sering, perhatikan kemungkinan terjadinya pneumonia aspirasi Mochtar,hal: Bila ibu hamil mengkonsumsi alkohol pada trimester pertama kehamilan saat berlangsung organogenesis janin, maka resiko abortus akan lebih besar.

Bayi BBLR sangat mudah mendapat infeksi. Memberikan obat mata e. Menurut penelitian Haworth dkk, bahwa berat badan bayi yang lahir dari ibu perokok lebih rendah dari ibu yang bukan perokok, walaupun penambahan berat badan selama hamil dan asupan energi sama.

Gambaran keadaan gizi balita diawali dengan cukup banyaknya bayi dengan berat lahir rendah BBLR. Depkes RI, Alat ini sangat bermanfaat untuk bayi dengan berat lahir yang sangat rendah.

Angka kematian bayi di Indonesia saat ini masih tergolong tinggi, maka kematian bayi di Indonesia tercatat per kelahiran hidup pada tahun Penundaan pengosongan lambung dan buruknya motilitas usus sering terjadi pada bayi preterm.

Selanjutnya pemantauan jangka panjang perlu pula dilakukan karena komplikasi tadi dapat bermasalah selama proses pertumbuhan bayi bahkan berdampak sampai dewasa.

BBLR (BAYI BERAT LAHIR RENDAH)

Sistem urinarius Pada saat lahir fungsi ginjal perlu menyesuaikan diri dengan lingkungan, fungsi ginjal kurang efisien dengan adanya angka filtrasi glomerolus yang menurun, klirens urea dan bahan terlarut yang rendah. Kekurangan gizi juga dapat menimbulkan keguguran, abortus, bayi lahir mati, kematian neonatal, anemia pada bayi, asfiksia intra partum mati dalam kandungandan lahir dengan berat badan lahir rendah BBLR.

Biarkan bayi menyusu apabila keadaan bayi sudah stabil dan bayi menunjukkan keinginan untuk menyusu dan dapat menyusu tanpa terbatuk atau tersedak. Masalah pernafasan juga akan mengganggu makanan secara oral. Terdapat juga kekurangan lipoprotein paru — paru, yaitu surfaktan yang dapat mengurangi tegangan permukaan pada paru — paru.

Tonus otot lemah sehingga bayi kurang aktif dan pergerakanya lemah n. Borderline premature: Setelah minggu ke mulai terdapat perbedaan antara pertumbuhan janin laki-laki dan perempuan. Namun tetap lebih peka terhadap infeksi dibandingkan dengan bayi prematur dengan BB normal.

Tekanan diastolik secara proporsional rendah, bervariasi dari 30 — 45 mmHg. Prevalensi anak pendek ini semakin meningkat dengan bertambahnya usia, baik pada anak laki- laki maupun perempuan.

Keadaan ini akan menyebabkan kompetisi dalam mendapatkan nutrisi antara ibu yang masih dalam tahap perkembangan dan janinnya. Sistem pernapasan Lebih pendek masa gestasi maka semakin kurang perkembangan paru — paru pada bayi dengan berat gr.

Paru-paru yang belum matang dengan peningkatan kerja bernafas dan kebutuhan kalori yang meningkat. Bayi prematur kurang sempurna pertumbuhan alat-alat dalam tubuhnya karena sangat peka terhadap gangguan pernafasan, infeksi, trauma kelahiran, hipotermia, dll.faktor risiko dari aspek maternal pada kejadian berat badan lahir rendah (bblr) di wilayah kerja dinas kesehatan kota cirebon tahun STATUS GIZI AWAL KEHAMILAN DAN PERTAMBAHAN BERAT BADAN IBU HAMIL KAITANNYA DENGAN BBLR.

Perubahan berat badan mencerminkan kondisi gizi / nutrisi bayi. Dan erat kaitannya dengan daya tahan tubuh oleh sebab penambahan besar badan harus dilakukan dengan ketat. Kebutuhan cairan untuk BBLR /kg/hr atau kal/kg, pemberian dilakukan sesuai dengan kemampuan bayi sesegera mungkin mencukupi kebutuhan cairan atau vsfmorocco.com: Cara Siip.

Artikel Jurnal Faktor Risiko Bblr Pdf

Menurut Maryunani dkk, () adapun tanda dan gejala yang terdapat pada bayi dengan bayi berat lahir rendah (BBLR) adalah: a. Berat badan. Bayi berat badan lahir rendah adalah bayi dengan berat badan lahir kurang dari gram (Arief, ).

Dahulu bayi baru lahir yang berat badan lahir kurang atau sama dengan gram disebut premature. Bayi berat badan lahir rendah (BBLR) adalah berat kurang dari gram Bayi berat badan lahir rendah (BBLR) adalah berat badan bayi yang baru lahir tidak sesuai dengan usia kehamilan.

Misalnya bayi yang lahir dengan berat badan kurang dari gram pada kehamilan 38 mingggu keatas. Berat badan lahir rendah (BBLR) adalah bayi baru lahir dengan berat badan pada saat kelahiran kurang dari gr atau lebih rendah (WHO, ).

Asuhan Keperawatan (ASKEP) Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) lengkap, doc dan pdf

Berat badan lahir rendah (BBLR) Merupakan bayi (neonatus) yang lahir dengan memiliki berat badan kurang dari Author: Doni Ice.

Makna klinis berat badan lahir rendah
Rated 0/5 based on 44 review